Rabu, 27 Agustus 2014

ANALISA AUDIO ERROR

Blog ini dipersembahkan bagi pemula yang ingin belajar memperbiki hp. Dengan tidak bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi pengalaman cara cepat, mudah, murah bahkan gratis dan tidak perlu modal besar .Dengan harapan semakin banyak rakyat Indonesia yang bisa memperbaiki hpnya tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

Pada kali ini saya ingin mengulas permasalahan pada hp yang mengalami permasalahan pada audio. Yang termasuk audio disini adalah bagian:
  • speaker dengar
  • buzzer
  • mic bicara
Speaker Tidak Bersuara

Dalam menganalisa speaker yang bermasalah, coba lakukan panggilan operator.
apabila tidak ada suara coba modus loudspeaker. Kalau modus loudspeaker ada suara jangan dulu memfonis speaker bermasalah, Coba pandangi layar lcd apakah ada gambar headset? bila muncul gambar headset maka suara tidak bisa keluar melalui speaker tetapi melalui headset.
Jadi yang harus diperbaiki adalah modus headset. Coba lakukan solder ulang pada komponen resistor yang sejalur dengan headset. Biasa yang saya alami bisa diselesaikan dengan cara tsb.
Kalau ternyata bukan disebabkan karena modus headset maka bisa dipastikan speaker yang bermasalah.
Cek speaker apakah putus atau tidak. bila putus lakukan penggantian, jika speaker normal cek jalur yang menuju speaker, bila ada yg putus lakukan penjumperan/sambung jalur yang putus.

Buzzer

Melakukan pengecekan pada buzzer yang bermasalah, masuk pada menu galeri -->nada-->sorot pada salah satu file nada dan tekan main. Bila tidak keluar suara berarti buzzer bermasalah.

Mic

Untuk mengetahui mic bermasalah atau tidak, bisa dilakukan dengan masuk menu rekam/lakukan panggilan. bila tidak bisa mengirim suara, maka mic bisa dipastikan bermasalah.
lakukan penggantian mic,

mudah2an tip ini bermanfaat buat para sobat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar