Sabtu, 23 April 2011

PERBAIKAN KEYPAD HANG


Blog ini dipersembahkan bagi pemula yang ingin belajar memperbiki hp. Dengan tidak bermaksud menggurui, hanya sekedar berbagi pengalaman cara cepat, mudah, murah bahkan gratis dan tidak perlu modal besar .Dengan harapan semakin banyak rakyat Indonesia yang bisa memperbaiki hpnya tanpa mengeluarkan biaya yang mahal.

KEYPAD HANG

            Hp yang mengalami tombol macet atau biasa disebut dengan hang keypad, bisa disebabkan beberapa factor. Sebelum menentukan penyebabnya, ada baiknya kita mengetahui riwayat  dari hp sebelum terjadi hang. Karena denngan mengetahui latar belakang sebelumnya akan mempermudah kita dalam memperbaikinya.
           
            Yang perlu dipahami bahwa yang menyebabkan  keypad macet 
  1. Disebabkan karena software yang bermasalah.
  2. Karena jalur keypad konslet.

Pada kali ini saya hanya ingin mengulas penyebab yang ke-2

Keypad macet setelah ganti kesing(housing)
Ini bisa terjadi pada tipe hp yang memiliki tombol samping seperti tipe 5200,5300 dll. Nyalakan hp tanpa kesing, jika ditekan tombolnya  tanpa kesing normal berarti penyebabnya adalah kesing yang terlalu kencang. Pasang kembali kesing dan cari tombol yang keras dengan cara menekannya, kurangi karet tombol yang keras tadi dengan mengiris bagian dalamnya.

            Tombol Keypad korosi
            Apabila penyabab diatas tidak ditemukan, ada kemungkinan penyebabnya adalah korosi pada tombol keypad, ini bisa terjadi pada hp yang terkena air atau sering ditaruh di tempat yang lembab. Untuk memperbaikinya kita harus membongkar total. Setelah kita lepas semuanya kita lepas juga lapisan stiker yang menutupi tombol keypad. Bersihkan lapisan tembaga/kuningan keypad menggunakan tiner atau minyak kayu putih. Apabila ada korosi kerok dengan silet. Pasang kembali seperti semula problem solve.

            Sebagian tombol macet
            Pada kasus ini bisa dipastikan salah satu jalurnya ada yang putus. Langkahnya tentu saja kita harus membongkar hp, kemudian kita ukur menggunakan multi tester pada kalibrasi x10. letakan pointer (+)  diground  dan pointer (-) pada titik tombol keypad. Apabila jarum tidak naik berarti jalur pd titik tersebut putus. Lakukan jumper dengan melihat skema jalur. Dan pasang kembali. Beres dah.


1 komentar: